Rabu, 09 April 2014

08.17
       Feedback atau kritikan bisa kita akui kalau merupakan hal yang penting dan tak terhindarkan dalam dunia pembelajaran. Tentunya kita tidak hanya menerima feedback dalam kelas namun juga dalam kehidupan nyata feedback selalu menjadi bumbu utama untuk pengalaman, begitu juga para murid. Walaupun sering dianggap negatif dan dijauhi terutama oleh para murid, namun sebenarnya semua bergantung pada cara kita dalam memperkenalkannya pada murid. Hanya perlu dibumbui sedikit agar murid mau mengenal dan menerima bahwa kritik dan saran merupakan hal yang tak terhindarkan dan berperan penting dalam perkembangan mereka. 

             Berikut ada beberapa hal yang perlu diingat mengenai kritik dan saran atau feedback terkait dengan pembelajaran.

1. Feedback bukanlah saran, pujian ataupun penilaian yang bersifat mengkritik. Feedback adalah informasi tentang bagaimana usaha-usaha kita dalam mencapai tujuan.

2. Jika murid mengerti bahwa di kelas mereka tidak perlu khawatir untuk berbuat kesalahan, maka mereka akan lebih terbuka untuk feedback.

3. Feedback dari murid ke guru lebih kuat daripada feed back dari guru ke murid.

4. Ketika kita memberi nilai sebagai bentuk dari feedback kita terhadap kinerja mereka, murid cenderung tidak melihat feedback tersebut, mereka hanya melihat nilai yang mereka peroleh.

5. Feedback yang efektif terjadi ketika masih dalam pembelajaran di mana masih ada waktu bagi kita untuk bertindak di dalamnya.

6. Kebanyakan feedback mengenai kondisi kelas murid terima dari murid lainnya yang secara besar juga msih salah.

7. Murid perlu mengenai apa tujuan mereka belajar dan terkada tujuan tersebut tersampaikan melalui feedback yang berlangsung dalam kelas.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar